HUBUNGAN PENGETAHUAN WANITA USIA SUBUR TENTANG PEMAKAIAN ALAT KONTRASEPSI SUNTIK 3 BULAN DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN DI TEMPAT PRAKTEK MANDIRI BIDAN MARDIANUM TAHUN 2023

Nama Penulis : Eni Monaliska Sihombing, S.Tr.Keb, M.Kes

Authors

  • Eni Monaliska Sihombing Sekolah Tinggi Kesehatan Sehati

Keywords:

Pengetahuan Wanita Usia Subur Tentang Pemakaian Alat Kontrasepsi Suntik 3 Bulan Dengan Peningkatan Berat Badan

Abstract

Keluarga berencana (KB) adalah upaya untuk mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan, melalui pormosi, promosi perlindungan,dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas. Usaha untuk mencapai hal tersebut, maka dibuatlah beberapa cara atau alternative yakni kontrasepsi atau mencegah bertemunnya sperma dengan ovum, sehingga tidak terjadi pembuahan yang mengakibatkan kehamilan.

            Jenis penelitian ini ini survey analtik,dengan pendekatan cross sectional populasi pada penelitian ini yaitu ibu yang mengunakan kontrasepsi untuk 3 bulan di Tempat praktek mandiri bidan  Mardianum. Sampel pada penelitian ini dengan menggunakan total populasi,yaitu dimana seluruh populasi dijadikan sampel sebanyak 36 orang.

            Hasil penelitian menujukan bahwa mayoritas ibu yang memiliki pengetahuan mayoritas, ibu yang memiliki pengetahuan dengan kategori kurang sebanyak 13 orang (36,1%), dan minoritas ibu yang memiliki pengetahuan dengan   kategori cukup sebanyak 11  orang (30,6%). Dari 36 responden,  mayoritas ibu yang mengalami peningkatan berat badan     sebanyak 17 orang (47,2%) dan minoritas ibu yang tidak mengalami   peningkatan   berat  badan sebanyak 19 orang      (52,8%). Ada hubungan antara pengetahuan wanita usia subur tentang pemakaina alat kontrasepsi suntik 3 bulan dengan peningktan berat badan pada tingkat kepercayaan 95% dengan ɑ 0.05% diperoleh sig (2 sided) 0,000. Maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti  ada hubungan diantara kedua variabel pengetahuan ibu dengan peningkatan berat badan.

            Kesimpulan pada penelitian ini yaitu bahwa ada hubungan pengetahuan wanita usia subur dan peningkatan berat badan. Disarankan Kepada ibu agar memakai kontrasepsi 3 bulan.

Downloads

Published

01-12-2023