HUBUNGAN ENGETAHUAN IBU TENTANG MANFAAT PIJAT BAYI DENGAN PELAKSANAAN PIJAT BAYI SECARA MANDIRI DI DESA MEDAN KRIO TAHUN 2023

Nama Penulis : Ermita Silvana Putri, S.Tr.Keb, MKM

Authors

  • Ermita Silvana Putri Simanungkalit

Keywords:

Pengetahuan ibu, pelaksanaan pijat bayi secara mandiri

Abstract

Pijat bayi merupakan stimulasi taktil yang memberikan efek biokimia dan efek fisiologis pada berbagai organ tubuh. Pijat yang dilakukan secara benar dan teratur pada bayi diduga memiliki berbagai keuntungan dalam prosest umbuh kembang bayi. Pijat pada bayi oleh orang tua dapat meningkatkan hubungan emosional antara orangtua dan bayi,juga diduga dapat meningkatkan berat badan Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan Ibu tentang manfaat pijat bayi dengan pelaksanaan pijat bayi secara mandiri di desa medan krio tahun 2023.

Jenis penelitian ini adalah survei analitik, dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini yaitu Pengetahuan Ibu Dengan Pelaksanaan Pijat Bayi Di Desa Medan Krio. Sampel pada penelitian ini dengan menggunakan accidental Sampling, yaitu sampel dilakukan dengan mengambil kasus atau responden yang kebetulan ada atau tersedia di suatu tempat sesuai dengan konteks penelitian sebanyak 35 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritasibu memiliki pengetahuan dengan kategori kurang sebanyak 17 orang (48,6%). Dan minoritas ibu yang memiliki pengetahuan baik sebanyak 7(20,0%). Mayoritas ibu yang melaksanakan pijat bayi sebanyak 16 orang (54,3%) dan minoritas ibu yang tidak melaksanakan pijat bayisebanyak 19 orang (45,7%). Terdapat hubungan Pengetahuanibudengan pelaksanaan pijat bayi nilai p 0.000< 0,05 sehingga ada hubungan Pengetahuan ibu Dengan Pelaksanaan pijat bayi di Desa Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli serdang Tahun 2023.

Kesimpulan pada penelitian ini yaitu ada hubungan antara Pengetahuan ibu tentang manfaat pijat bayi dengan pelaksanaan pijat bayi secara mandiri di desa medan krio Tahun 2023. Disarankan kepada ibu agar selalu ikut serta dalam setiap penyuluhan yang diberikan tenaga kesehatan agar pengetahuan ibu dapat bertambah sehingga tindakannya juga bisa menjadi lebih baik.

Downloads

Published

01-12-2023