GAMBARAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG MANFAAT PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI DI KLINIK PRATAMA CITRA TAHUN 2021

Nama Penulis : Asima Lamtiar S.Tr.Keb, M.Keb

Authors

  • Asima Lamtiar Hotnauli Pakpahan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sehati

Keywords:

Pengetahuan, ASI Eksklusif

Abstract

Masa nifas (puerperium) adalah masa yang dimulai setelah kelahiran plasenta dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil (Sutanto, 2018). Masa nifas (puerperium) dimulai sejak 2 jam setelah lahirnya plasenta sampai dengan 6 minggu atau 42 hari setelah itu (Sutanto, 2018).

Penelitian ini menggunakan data primer dengan tehnik total samppling pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan subyek penelitian 30 orang ibu nifas. Analisa data dalam bentuk distribusi frekuensi dengan persentase.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat pengetahuan ibu tentang manfaat pemberian ASI Eksklusif pada bayi di klinik pratama citra periode mei-juni tahun 2021, berdasarkan umur 20-30 tahun sebanyak 10 orang (33,33%) dan minoritas berpengetahuan baik dan cukup berdasarkan umur <20 tahun dan 20-30 tahun masing-masing sebanyak 2 orang (6,67%), berdasarkan pendidikan ibu pada tingkat pendidikan perguruan tinggi sebanyak 7 orang (23,33%) dan minoritas berpengetahuan kurang berdasarkan pendidikan SMA sebanyak 1 orang (3,33%), berdasarkan pekerjaan ibu nifas yang bekerja sebanyak 8 orang (26,67%) dan minoritas berpengetahuan baik berdasarkan ibu nifas yang tidak bekerja sebanyak 1 orang (3,33%), berdasarkan sumber informasi mayoritas berpengetahuan kurang pada media elektronik sebanyak 9 orang (30,00%) dan minoritas berpengetahuan kurang pada media cetak sebanyak 1 orang(3,33%).

Dari penelitian ini diharapkan kepada ibu nias yang memiliki bayi baru lahir di klinik pratama citra agar lebih banyak mencari informasi dan meningkatkan lagi pengetahuan tentang manfaat pemberian ASI Eksklusif pada bayi.

Downloads

Published

02-12-2023