FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN PSN DALAM PENANGGULANGAN KASUS DEMAM BERDARAH DI PUSKESMAS HELVETIA MEDAN TAHUN 2020

Nama Penulis : Zulheri

Authors

  • Zulheri Institut Kesehatan Helvetia

Keywords:

Pengetahuan, Sikap, Dukungan Tenaga Kesehatan, Dukungan Kader Dan Sumber informasi

Abstract

Demam berdarah dengue adalah penyakit akut yang disebabkan infeksi virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aeygpti dan Aedes albopictus betina yang umumnya menyerang pada musim panas dan musim penghujan. . Kota Medan merupakan daerah endemis DBD yang memerlukan penanggulangan DBD dengan dan cara memberdayakan masyarakat .Tujuan penelitian ini untuk ntuk mengetahui Bagaimana Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan PSN dalam penanggulangan kasus demam berdarah di wilayah kerja Puskesmas Helvetia Medan Tahun 2020.

Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan desain cross sectional. Lokasi penelitian di kerja Puskesmas Helvetia Medan Tahun 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mengalami penyakit DBD dan seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik dan cara pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner.

Dari hasil analisis uji resgresi logistik diperoleh hasil bahwa variabel yang memiliki npengaruh terhadap penanggulangan kasus DBD adalah variabel dukungan tenaga kesehatan diperoleh nilai sig (0,046) < 0,05 dan variabel sumber informasi diperoleh sig (0,010) ) < 0,05 yang berarti memiliki pengaruh dalam penanggulangan kasus DBD di wilayah kerja Puskesmas Helvetia  .

Kesimpulan dalam penelitian ini adlah bahwasannya dukungan tenaga kesehatan dan sumber informasi memiliki pengaruh besar terhadap perilaku masyarakat sehingga disarankan  bagi tenaga kesehatan agar lebih seringa melakukan penyuluhan tentang penanggulangan kasus DBD memlalui upaya pencegahan yaitu melaksanakan 3M dan pelaksanaan foging

Downloads

Published

01-04-2024