HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PRIMA PERAWAT DENGAN LOYALITAS PASIEN DI RUANGAN TANJUNG DAN NUSA INDAH DI RSUD DR. RM. DJOELHAM BINJAI
Nama Lengkap penulis : Juliati,S.Kep,M.Kep, Aisyah.S.Kep,M.Kep
Keywords:
Pelayanan Prima, LoyalitasAbstract
Pelayanan prima perawat di rumah sakit merupakan pelayanan yang bermutu tinggi yang diberikan pada pasien, berdasarkan standar kualitas tertentu untuk memenuhi bahkan melebihi kebutuhan dan harapan pasien, sehingga tercapai kepuasan pasien dan akan menyebabkan peningkatan kepercayaan pasien terhadap Rumah Sakit tersebut. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan prima perawat dengan loyalitas pasien di RSUD Dr. RM. Djoelham Binjai. Jenis penelitian ini ialah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 orang.
Hasil analisis chi square antara variabel kualitas pelayanan prima perawat dengan loyalitas pasien diperoleh nilai p = 0,000. Nilai p < 0,005 sehingga terdapat hubungan antara kualitas pelayanan prima perawat dengan loyalitas pasien di RSUD Dr. RM. Djoelham Binjai. Diharapkan RSUD DR RM Djoelham Binjai lebih meningkatkan lagi 5 dimensi kualitas layanan rumah sakit sehingga pasien merasakan kepuasan dan terciptanya loyalitas terhadap rumah sakit tersebut.