PENGARUH SENAM LANSIA TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANSIA HIPERTENSI DI DUSUN DONDONG SEJATI DESA JENTERA STABAT KABUPATEN LANGKAT TAHUN 2020

Nama Lengkap Penulis : Setia Sihombing, SST, M.Kes , Arnof Yerni.SST,MKes

Authors

  • Setia Sihombing STIKes Putra Abadi Langkat

Keywords:

Hipertensi, Senam Lansia

Abstract

Penduduk usia lanjut di Negara berkembang pada tahun 2013 diperkirakan sebanyak 554 juta jiwa dari 7200 juta jiwa penduduk dunia. Di Indonesia, berdasarkan data Riskesdas 2013, prevalensi hipertensi di Indonesia sebesar 25,8% (Depkes RI, 2013). Penderita hipertensi di  Langkat dengan jumlah 6. 643 orang.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh senam lansia terhadap tekanan darah pada lansia hipertensi di Dusun Dondong Sejati Desa Jentera Staba Tahun 2020. Jenis penelitian adalah Pra Eksperiment Design dengan rancangan tidak menggunakan kelompok pembanding (kontrol), tetapi dilakukan observasi pertama (pre-test). Sampel penelitian adalah lansia hipertensi di dusun dondong sejati yang berjumlah 32  orang.

Pengumpulan data menggunakan data primer dengan pemeriksaan tekanan darah. Data dianalisis dengan menggunakan ujistatistik yaitu uji T-Wilcoxon. Hasilpenelitian menunjukkan terdapat pengaruh senam lansia terhadap tekanan darah pada lansia hipertensi dengan hasil Uji Wilcoxon Signed Rank didapatkan p-value 0,000 < 0,05.

Disimpulkan ada pengaruh senam lansia terhadap tekanan darah pada lansia hipertensi di Dusun Dondong Sejati Desa Jentera Stabat Tahun 2020

Downloads

Published

09-12-2020