HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP WANITA USIA SUBUR (WUS) DENGAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) DI DESA SEI. MENCIRIM DUSUN VII KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2020

Nama Lengkap Penulis : Meiyana Sinaga,SST,MKM

Authors

  • Meiyana Sinaga Akademi Kebidanan Sehati

Keywords:

Wanita Usia Subur, Pemeriksaan Payudara Sendiri

Abstract

Kanker payudara merupakan tumor ganas pada sel-sel yang terdapat pada jaringan payudara yang paling sering terjadi pada wanita. Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization  (WHO) 2019, mengestimasikan terdapat 18,1 juta kasus kanker baru dan 9,6 juta kematian yang terjadi pada tahun ini. Dan pengidap baru payudara  secara global diperkirakan terdapat 627.000 perempuan.

Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang bertujuan untuk mengetahui ‘’Hubungan Pengetahuan dan Sikap Wanita Usia Subur (WUS) dengan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) di Desa Sei. Mencirim  Dusun VII Medan Tahun 2020’’. Jumlah populasi dalam penelitian ini 164 orang dengan sampel sebanyak 30 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Penelitian dilakukan bulan Juli 2020. Analisis data menggunakan uji statistik Chi Square.

Hasil penelitian diperoleh berdasarkan hasil uji Chi Square menunjukkan ada hubungan pengetahuan dan sikap wanita usia subur (wus) dengan  pemeriksaan payudara sendiri (sadari) (p<0,05).

Disarankan bagi wanita usia subur (wus) di Desa Sei.Mencirim Dusun VII Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Medan agar mendapatkan informasi tentang pemeriksaan payudara sendiri (sadari) sebanyak-banyaknya dandiharapkan bagi peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan Karya Tulis Ilmiah ini sebaik-baiknya sebagai bahan referensi dan sebagai pedoman atau masukan untuk melakukan penelitian selanjutnya dengan menggunakan variabel yang berbeda.

Downloads

Published

01-12-2020