HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN MUTU LULUSAN AKADEMI KEPERAWATAN WIRAHUSADA MEDAN TAHUN 2019

Nama Lengkap Penulis : Fridella Grace Natalia Tarigan

Authors

  • Fridella Grace Natalia Tarigan Akademi Keperawatan Wirahusada Medan

Keywords:

Metode pembelajaran, mutu lulusan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan metode pembelajaran dengan mutu lulusan Akademi Keperawatan Wirahusada Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif untuk mengetahui gambaran hubungan metode pembelajaran dengan mutu lulusan mahasiswa Akper Wirahusada Medan. Penelitian dilaksanakan di Akper Wirahusada Medan, terhadap mahasiswa tingkat II semester IV dan tingkat III semester VI, selama 6 bulan yaitu bulan Desember 2018- Mei 2019. Populasinya adalah seluruh mahasiswa tingkat II dan III. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa tingkat II semester IV dan tingkat III semester VI tahun ajaran 2018-2019 dan masih aktif mengikuti proses belajar mengajar yang berjumlah 75 orang. Pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik analisa data dengan teknik univariate, bivariate dan multivariate, diuji menggunakan uji statistic Korelasi Pearson T-Test. Hasil analisis bivariate metode pembelajaran diperoleh nilai r-hitung 0,313 dimana r-hitung > r tabel (0,2272) kesimpulannya ada pengaruh signifikan antara metode pembelajaran dengan mutu lulusan.

Downloads

Published

07-08-2020