GAMBARAN KASUS PERDARAHAN POST PARTUM PADA IBU ATAS INDIKASI ATONIA UTERI DI RSUPH.ADAM MALIK PERIODE 2014-2015

Nama Lengkap Penulis : Delimayani,SST,M.Kes

Authors

  • Delimayani Akademi Kebidanan Bina Daya Husada Kisaran

Keywords:

Perdarahan Post Partum, Atonia Uteri

Abstract

Perdarahan post partum merupakan hilangnya darah lebih dari 500 ml dari organ-organ reproduksi setelah selesainya kala persalinan. Atonia uteri adalah keadaan lemahnya tonus/kontraksi rahim  yang menyebabkan uterus tidak dapat  menutup perdarahan terbuka dari tempat implantasi plasenta setelah bayi dan plasenta lahir.

 Penelitian bersifat deskriptif yaitu dengan menggunakan data sekunder dimana semua populasi menjadi sampel dalam penelitian untuk mengetahui gambaran kasus perdarahan post partum pada ibu atas indikasi atonia uteri di RSUP H. Adam Malik Medan dengan sampel 41 orang yang mengalami perdarahan disebabkan atonia uteri.

Dari hasil penelitian didapatkan bahwa perdarahan post partum pada ibu atas indikasi atonia uteri mayoritas terjadi pada umur > 35 tahun sebanyak 17 orang berdasarkan paritas mayoritas terjadi pada grandemultipara sebanyakn 15 kasus berdasarkan interval kelahiran mayoritas <2 tahun sebanyak 21 orang.

Dan disarankan kepada bidan RSUP H.Adam Malik agar lebih meningkatkan pelayanan dan selalu memberikan informasi tentang persalinan terutama informasi tentang faktor dan tanda-tanda perdarahan atas indikasi atonia uteri pada persalinan.

Downloads

Published

03-04-2020