PENGARUH KONSELING TERHADAP POLA ASUH BALITA DI DESA JENTERAWILAYAH KERJA PUSKESMAS STABATLAMA KEC. WAMPU KABUPATEN LANGKAT

Nama Lengkap Penulis : Nurhikmah Panjaitan, SST, M.Kes; Srinur Nilawati,M.KM

Authors

  • Nurhikmah Panjaitan STIKes Putra Abadi Langkat

Keywords:

konseling, pengasuhan balita

Abstract

Masalah utama yang dihadapi Indonesia saat ini adalah tingginya gizi buruk yang mengakibatkan rendahnya kualitas sumber daya manusia. Masalah gizi buruk disebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhi cach lain di tingkat rumah tangga, gizi buruk dipengaruhi oleh pola asuh yang tidak memadai.

 

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh konseling terhadap pola asuh balita. Konseling adalah suatu kegiatan memberikan bimbingan kepada klien meliputi membantu klien dalam menyelesaikan masalah, konseling gizi merupakan proses komunikasi interpersonal dua arah antara konselor dan klien dalam rangka mengidentifikasi, mengatasi dan mengambil keputusan yang tepat dalam mengatasi masalah gizi yang ada.

 

Jenis penelitian ini adalah desain eksperimen yang digunakan adalah jenis eksperimen bebas one group pretest-posttest. Tempat penelitian dilakukan di Desa Jentera, Wilayah Kerja Puskesmas Stabat Lama, Kec. Wampu Kabupaten Langkat 2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling dengan jumlah 37 orang. Karena pada uji sampel berpasangan hasil hitung diperoleh nilai t hitung sebesar 4,741 dengan nilai P = 0,000 yang berarti terdapat perbedaan dalam pengasuhan kesehatan sebelum dan sesudah penyuluhan. Ini teknik konseling untuk meningkatkan kualitas perawatan.

Downloads

Published

08-04-2021