TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PIJAT BAYI DI KLINIK PRATAMA SEHATI PERIODE JUNI – JULI 2020

Nama Lengkap Penulis : Nelly Frida Manurung,SST,M.Kes

Authors

  • Nelly Frida Manurung,SST,M.Kes

Keywords:

Pengetahuan ibu, pijat bayi, kepatuhan pemberian pijat bayi

Abstract

Menurut World Health Organization (WHO) 2017 pijat bayi terbukti memiliki banyak manfaat tak hanya membuat bayi menjadi nyaman, namun proses pijat bayi juga meningkatkan bonding (ikatan emosional) antara ibu dan bayi. Banyaknya ibu yang melakukan pijat bayi dapat diperhitungkan dari banyaknya ibu yang memiliki anak bayi. Dimana pada setiap tahunnya diperkirakan sekitar 40% ibu yang  melakukan pijat bayi, Namun Pada Tahun 2018 pemijatan bayi tidak dilakukan sepenuhnya dan dapat digambarkan pemijatan bayi hanya dilakukan sekitar 20-25% yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, Seperti pendidikan dan sumber informasi.

Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan data primer. metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu tentang pijat bayi di Klinik Sehati Medan Periode Juni-Juli 2020 sebanyak 30 responden dengan menggunakan total sampling.

                        Dari 30 responden didapat hasil bahwa pengetahuan ibutentang pijat bayi berdasarkan pendidikan mayoritas SMA sebanyak 10 orang (33,3%) dan minoritas PT sebanyak 3 orang (10%),berdasarkan pekerjaan dari 30 responden mayoritas ibu yg bekerja (Wiraswasta), sebanyak 16 orang (53%)dan minoritas ibu tidak bekerja (IRT), sebanyak 14 orang (47%),berdasarkan paritas dari 30 responden mayoritas secundipara 11 orang (36,7%) dan minoritas primipara 9 orang (30%),berdasarkan sumber informasi dari petugas kesehatan dari 30 responden sebanyak 18 orang (60%) dan minoritas sumber informasi dari media elektronik 3 orang  (10%).

            Hasil penelitian ini sesuai dengan penelitian menurut Notoadmojo (2015), bahwa semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin banyak pula informasi yang di dapatkan dan semakin tinggi rasa ingin tahu nya tentang kesehatan. Dimana ibu yang berpendidikan tinggi lebih mudah dalam menyerap informasi dan lebih peduli dengan hal-hal baru atau informasi yang menyangkut tentang dirinya atau keluarganya.

Downloads

Published

08-04-2021