HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DENGAN STATUS KESEHATAN GIGI PADA PASIEN DI POLI GIGI RSUD KOTA TANJUNGBALAI TAHUN 2021

Nama Lengkap Penulis : Dady Hidayah Damanik,S.Kep,M.Kes

Authors

  • Dady Hidayah Damanik STIKes Sakinah Tanjung Balai

Keywords:

Status Kesehatan Gigi, Pengetahuan, Kesehatan Gigi

Abstract

Status kesehatan gigi adalah tingkat atau derajat kesehatan gigi. Penyakit gigi merupakan penyakit masyarakat yang dapat menyerang semua golongan umur. Apabila tidak dirawat/diobati dapat menjadi semakin parah karena adanya sifat progresif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi dengan Status Kesehatan Gigi pada Pasien Poli Gigi RSUD Kota Tanjungbalai tahun 2021.

          Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 35 orang.

          Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas tingkat pengetahuan pasien  adalah cukup yaitu 19 orang (54,3%). Mayoritas status kesehatan gigi pasien adalah baik yaitu 21 orang (60%). Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan kesehatan gigi dengan status kesehatan gigi di RSUD Kota Tanjungbalai tahun 2021, hasil uji Chi-Square didapatkan nilai p=0,002 (p<0.05).

Kepada Tenaga Promosi Kesehatan RSUD Kota Tanjungbalai diharapkan agar terus melakukan kegiatan penyuluhan tentang kesehatan gigi sehingga meningkatkan pengetahuan Masyarakat. Kepada Masyarakat di sekitar Lingkungan RSUD Kota Tanjungbalai diharapkan agar menjaga kesehatan gigi melalui sikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan gigi.

Downloads

Published

15-08-2021