FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KETUBAN PECAH DINI PADA IBU BERSALIN DIKLINIK NIRMALA SAPNI MEDANTAHUN 2021

Nama Lengkap Penulis : Sri Ilawati, SST, M.Kes

Authors

  • Sri Ilawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sehat

Keywords:

Faktor-faktor Terjadinya Ketuban Pecah Dini

Abstract

Ketuban Pecah Dini adalah pecahnya ketuban sebelum persalinan dimulai / sebelum kala I disebut juga Prematur Rupture of the Membrane (PROM). Angka kejadian ibu yang mengalami ketuban pecah dini sebelum persalinan sekitar 6-19%. faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya KPD yaitu pekerjaan ibu sehari-hari yang terlalu berat, paritas, adanya riwayat KPD sebelumnya, dan kehamilan ganda.

         Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya ketuban pecah dini.

         Penelitian menggunakan metode survei analitik mengenai “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Ketuban Pecah Dini Pada Ibu Bersalin Di Klinik Nirmala Sapni Medan” dengan jumlah sampel 46 responden dengan alat pengumpulan data daftar checklist.

         Hasil penelitian ini terlihat bahwa pekerjaan, paritas, riwayat ketuban pecah dini sebelumnya dan kehamilan kembar mempengaruhi terjadinya ketuban pecah dini.

         Diharapkan kepada tenaga kesehatan untuk dapat meningkatkan mutu pelayanan yang salah satunya adalah menganjurkan ibu hamil untuk rajin memeriksakan kehamilannya

Downloads

Published

17-08-2021