GAMBARAN PENGETAHUAN IBU PRIMIGRAVIDA TENTANG PERUBAHAN FISIOLOGIS TRIMESTER I,II,III DI KLINIK SEHATI MEDAN TAHUN 2020

Nama Lengkap Penulis : Kiki Khoiriyani,SST,M.Kes

Authors

  • Kiki khoiriyani,SST,M.Kes

Keywords:

Pengetahuan, Perubahan Fisiologis Trimester I,II,III

Abstract

Kehamilan adalah, fertilisasi atau penyatuan dari spermatozoa dan ovum dan dilanjutkan dengan nidasi atau implantasi. Bila dihitung dari saat fertilisasi sehingga lahirnya bayi, kehamilan normal akan berlangsung dalam waktu 40 minggu atau 10 bulan atau 9 bulan.

Penelitian bersifat deskriptif dengan menggunakan data primer yaitu data yang diperoleh dari peninjauan langsung lapangan dengan menggunakan kuesioner yang telah dirancang sebelumnya untuk mengetahui pengetahuan ibu primigravida  tentang perubahan fisiologis  selama kehamilan di Klinik Sehati Medan Periode Mei – Juni 2020 sebanyak 36 orang di dalam penelitian ini .

Berdasarkan penelitian dari 36 orang yang menjadi responden  Gambaran Pengetahuan Ibu Primigravida Tentang Perubahan Fisiologis Trimester I,II,III dengan mayoritas berpengetahuan cukup sebanyak 17 orang (47%) dan minoritas ibu yang berpengetahuan kurang 6 orang (17%). Berdasarkan umur mayoritas umur 20 – 35 tahun sebanyak  16 orang (44%) dan minoritas pada usia > 35  tahun sebanyak 6 orang (17%), berdasarkan pendidikan mayoritas SMA sebanyak 16 orang (44%) dan minoritas pendidikan Perguruan Tinggi  sebanyak 7 orang (19%), berdasarkan pekerjaan Mayoritas yang bekerja sebanyak 31 orang (86%) dan minoritas yang tidak bekerja sebanyak 5 orang (14%). Dan Mayoritas Berdasarkan Sumber Informasi Media Elektronik sebanyak 28 orang (78%) dan minoritas Media Cetak sebanyak  8 orang (22%).

Dari penelitian ini diharapkan kepada ibu primigravida agar banyak mencari informasi dan meningkatkan lagi pengetahuan tentang perubahan fisiologis Selama Kehamilan

Downloads

Published

30-08-2021