HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP IBU HAMIL TENTANG INISIASI MENYUSU DINI DI KLINIK HOLIDA TAHUN 2021

Nama Lengkap Penulis : Seri Wahyuni Harahap, SST, M.Kes

Authors

  • Seri Wahyuni Harahap Akademi Kebidanan KholisaturRahmi Binjai

Keywords:

Pengetahuan, Sikap, Ibu Hamil, Inisiasi Menyusu Dini

Abstract

Inisiasi Menyusui Dini adalah peroses bayi menyusu segera setelah dilahirkan, dimana bayi dibiarkan mencari puting susu ibunya sendiri (tidak disodorkan ke puting susu). Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui “Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Hamil Tentang Inisiasi Menyusu Dini Di Klinik Holida Tahun 2021”.

Jenis penelitian ini adalah studi kolerasi (Correlation Study) dengan menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 50 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan Tehnik Total Sampling. Penelitian ini dilakukan di Klinik Holida dengan menggunakan instrument berupa kuesioner dan analisis dengan tehnik kolerasi Chi-Square dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solution).

Berdasarkan tabel hasil penelitian hubungan pengetahuan dengan sikap ibu hamil tentang inisiasi menyusu dini, maka diperoleh hasil tabel uji Chi-Square pada kolom Asymp. Sig (2-sided) menunjukkan nilai probabilitas. Nilai sig-nya adalah 0.000 yang berarti bahwa nilai (p<0.05) dan nilai X2 Hitung = 25.198 > x2 Tabel = 31.569 dengan df = 2 dan taraf Signifikan 0.05%. 

Dari hasil penelitian terhadap 50 responden maka dapat disimpulkan bahwa Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Inisiasi Menyusu Dini Di adalah “Kurang” berjumlah 14 orang (28%) dan sikap ibu hamil adalah “Negatif” Berjumlah 36 orang (72%) dan ada hubungan pengetahuan dengan sikap ibu hamil tentang inisiasi menyusu dini

Downloads

Published

10-04-2021