HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG ASUPAN MAKANAN BERGIZI TERHADAP KEJADIAN STUNTING USIA 1-5 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RAMBUNG TAHUN 2021

Nama Lengkap Penulis : Seri Wahyuni Harahap, SST, M.Kes

Authors

  • Seri Wahyuni Harahap Akademi Kebidanan KholisaturRahmi Binjai

Keywords:

Pengetahuan Gizi, Stunting, Anak Usia 1-5 Tahun

Abstract

Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Umumnya disebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional dengan sampel penelitian adalah ibu yang memiliki anak usia 1-5 tahun di wilayah kerja puskesmas Rambung sebanyak 30 orang dengan menggunakan uji chi-square.

            Dari hasil penelitian nilai asymsig  table dengan  nilai probabilitas (p value) 0,000 lebih kecil dari (alpha) = 0,05 menyebabkan uji chi-square Ho ditolak.

            Terdapat hasil yang signfikan 0,05 dan nilai asymsig menyebabkan nilai probabilitas p<0,05. Sehingga kesimpulannya Ha = Diterima Ho = Ditolak. Hal ini Berarti Ada Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Asupan Makanan Bergizi Terhadap Kejadian Stunting Usia 1-5 Tahun. Diharapkan pada ibu agar dapat memperluas pengetahuan ibu terhadap asupan makanan bergizi di wilayah kerja puskesmas Rambung tahun 2021.

Downloads

Published

08-12-2021