EFEKTIVITAS METODE CERAMAH DAN MEDIA LEAFLET TERHADAP SIKAP DAN PENGETAHUAN IBU TERHADAP PIJAT BAYI

Nama Lengkap Penulis : Novi Susanti,SST,M.Kes

Authors

  • Novi Susanti Akademi Kebidanan Sehati

Keywords:

Ceramah, Leaflet, PijatBayi

Abstract

Pijat bayi adalah sentuhan kepada bayi dan memberikan pijatan ringan yang memberikan rasa aman,nyaman. Pemijatan bayi dapat dilakukan oleh ibu, ayah atau anggota keluarga, merupakan pijatan terbaik,terbukti dapat menghasilkan perubahan fisiologis yang menguntungkan,bisa memenuhi kebutuhan kasih sayang yang diberikan keluarganya.

Penelitian ini menggunakan pre-experimental dengan pendekatan rancangan pretest-postest design, menggunakan data primer melalui kuesioner dan jumlah sampel       60 orang dibagi dua grup.

Hasil penelitian dengan analisis univariat menunjukkan bahwa pengetahuan dan sikap ib umeningkat setelah dilakukan penyuluhan kesehatan dengan metode ceramah dan media leaflet hasil posttest metode ceramah kategori baik 23 orang (77%), hasil posttest media leaflet kategori baik 27 orang (90%), setelah dilakukan penyuluhan positif 30 orang (100%) . Dan hasil analisis bivariat diperoleh nilai p < α (0,05) yang artinya terdapat perbedaan yang bermakna pada pengetahuan responden, nilai p < α (0,05) yang artinya terdapat perbedaan sikap responden sebelum dan sesudah penyuluhan dengan metode ceramah. Nilai p dari pretest sampai ke posttest < α (0,05) yang artinya terdapat perbedaan yang bermakna pada pengetahuan responden tentang pijat bayi, dan nilai p < α (0,05) yang artinya terdapat perbedaan yang bermakna pada sikap responden tentang pijat bayi dengan media leaflet.

Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya ibu semakin rajin mencari informasi tentang pijat bayi sehingga dapat menambah pengetahuan dan sikap ibu.

Downloads

Published

04-04-2020