HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP IBU HAMIL DALAM PENCEGAHAN PENULARAN HIV/AIDS DARI IBU KE ANAK DI DESA TELAGA SARI KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2020

Nama Lengkap Penulis : Yetti Atiyah, S.SiT.,M.K.M

Authors

  • Yetti Atiyah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sehat

Keywords:

Pengetahuan, Sikap, Penularan HIV/AIDS

Abstract

Menurut data World Health Organization (WHO) mengemukakan bahwa ibu hamil yang positif HIV/AIDS beresiko sekitar 15-45% untuk menularkan virus pada anaknya dalam rahimnya melalui plasenta. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap ibu hamil dalam Pencegahan Penularan HIV/AIDS dari Ibu ke Anak.

            Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang berada di Desa Telaga Sari yang berjumlah 31 orang. Tehnik pengampilan sampel adalah total sampling.

            Hasil penelitian dari 31 reponden didapatkan hasil bahwa Mayoritas ibu hamil mempunyai pengetahuan baik tentang penularan penyakit HIV/AIDS dari Ibu ke Anak yaitu sebanyak 28 responden (90,3% ), Mayoritas ibu hamil mempunyai sikap positif dalam pencegahan penularan HIV/AIDS dari ibu ke Anak yaitu sebanyak 29 responden (93,54%), Ada hubungan pengetahuan Pengetahuan dengan sikap ibu hamil dalam pencegahan penularan HIV/AIDS dari Ibu ke Anak dengan p value 0,001 < α 0,05.

            Kesimpulannya bahwa pengetahuan berhubungan dengan sikap ibu hamil dalam pencegahan penularan HIV/AIDS dari ibu ke anak. Diharapkan agar Ibu hamil yang berada di Desa Telaga Sari dapat meningkatkan kesadaran akan pemeriksaan HIV/AIDS selama kehamilan sehingga dapat menciptakan keadaan kehamilan yang sehat dan keturunan yang berkualitas.

Downloads

Published

17-12-2020