GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG KUNJUNGAN K4 DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BESTARI KOTA MEDAN

Nama Lengkap Penulis : Kiki Khoiriyani,SST,M.Kes

Authors

  • Kiki khoiriyani,SST,M.Kes

Keywords:

Pengetahuan, Kunjungan K4

Abstract

Kunjungan K4 adalah kontak ibu hamil dengan tenaga profesi untuk mendapatkan pelayanan antenatal care sesuai standar yang diteteapkan, yaitu minimal 1 kali pada trimester pertama, 1 kali pada trimester kedua, dan 2 kali pada trimester ketiga.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu hami tentang kunjungan K4 di Wilayah Kerja Puskesmas Bestari. Penelitian ini menggunakan data primer dengan tehnik total samplingdan dengan jumlah sampel 60 responden.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa gambaran pengetahuan ibu hamil tentang kunjungan K4 berdasarkan umur mayoritas umur 20-35 tahun sebanyak 30 orang (50%), berdasarkan paritas mayoritas pada ibu primigravida sebanyak 26 orang (43%), berdasarkan pendidikan mayoritas berpendidikan SMA sebanyak 25 orang (41%), berdasarkan pekerjaan mayoritas pada ibu yang tidak bekerja sebanyak 40 orang (67%), dan berdasarkan sumber informasi mayoritas pada petugas kesehatan sebanyak 36 orang (60%). Setelah dilakukan penelitian bahwa pengetahuan ibu hamil sangat mempengaruhi pemeriksaan kehamilannya.

Disarankan bagi bidan di Wilayah Kerja Puskesmas Bestari semakin berupaya untuk memberikan informasi tentang manfaat dulakukannya pemeriksaan ibu hamil dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar melakukan penelitian yang sama dengan variable yang berbeda.

Downloads

Published

03-04-2022