HUBUNGAN INISIASI MENYUSUI DINI DENGAN KELANCARAN PRODUKSI ASI PADA IBU POST PARTUM DI KLINIK PRATAMA CITRA

Nama Lengkap Penulis : Efrida Yanti,SST,M.Kes, Kiki Khoiriyani,SST,M.Kes

Authors

  • Fida Efrida Yanti Institut Teknologi dan Kesehatan Sumatera Utara

Keywords:

Inisiasi Menyusui Dini, Kelancaran Produksi Asi

Abstract

IMD adalah proses membiarkan bayi dengan nalurinya sendiri dapat menyusu segera dalam 1 jam pertama setelah lahir, bersama kontak kulit bayi dan kulit ibu. IMD dimulai dengan adanya kontak kulit antara ibu dengan bayi baru lahir kemudian dilanjutkan dengan pemberian ASI. Inisiasimenyusudinimerupakangambaranbahwainisiasimenyusudinibukan program ibu menyusui bayi tetapi bayi yang harus aktif sendiri menemukan putting susu ibu.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Survey analitik. Penelitian yang didapatkan Berdasarkan Analisis dari uji Chi-Square menunjukkan bahwa hasil P value ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan desain Cross Sectional yaitu untuk melihat hubungan antara hubungan variable terkait dengan variable bebas, dengan jumlah sampel sebanyak 32 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar checklist untuk memantau penatalaksanaan IMD dan Kuesioner yang  diberikan kepada responden.

            Berdasarkan analisis penelitian 32 responden didapatkan ibu yang melakukan IMD mayoritas sebanyak 16 orang (50,0%), dan yang tidak melakukan IMD minoritas sebanyak16 orang (50,0%). Berdasarkan pada kelancaran produksi ASI didapatkan ibu yang lancer ASInya sebanyak 20 orang (62,5%) dan minoritasibu yang tidak lancer ASInya sebanyak 12 orang (37,5%).

            Bagi penelit iini diharapkan kepada tenaga kesehatan di klinik citra untuk dapat meningkatkan pengetahuan ibu tentang inisiasi menyusui dini bagi ibu post partum, yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan manfaat bagi ibu dan bayi.

Downloads

Published

03-04-2022