HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG PERAWATAN PAYUDARA DENGAN KELACARAN PENGELUARAN ASI DI KLINIK ALISAH TAHUN 2021

Nama Lengkap Penulis : Eni Monaliska Sihombing,STr.Keb,M.Kes

Authors

  • Eni Monaliska Sihombing Akademi Kebidanan Sehati

Keywords:

Pengetahuan, Ibu Nifas, Perawatan Payudara, Kelancaran ASI

Abstract

Dalam mendukung pemenuhan produksi ASI bagi bayi secara optimal harusnya sesuai dengan yang diharapkan, maka faktor yang sangat menentukan dalam pemberian ASI salah satunya ialah perawatan payudara sejak kehamilan dan setelah melahirkan. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis hubungan pengetahuan ibu nifas tentang perawatan payudara dengan kelancaran pengeluaran ASI pada ibu nifas di klinik alisah Tahun 2021.

            Jenis penelitian yang digunakan ialah observasional analitik dengan rancangan Cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan Total sampling sehingga diperoleh sampel seluruh ibu nifas di klinik Alisah berjumlah 32 sampel. Analisis data menggunakan Chi-square.

Hasil penelitian dari 32 orang ibu nifas menunjukkan,bahwa mayoritas dengan pengetahuan kurang yaitu sebanyak 18 orang (56,2%).dimana yang mengalami ASI lancar sebanyak 4 orang (12,5%), dan yang mengalami ASI tidak lancar yaitu sebanyak 15 orang (46,9%). Dan minoritas Sementara dengan pengetahuan baik yaitu sebanyak 14 orang (43,8%). Dimana yang mengalami ASI lancar yaitu sebanyak 9 orang (28,1%). Dan yang mengalami ASI tidak lancar yaitu sebenyak 6 orang (18,75%). Hasil uji chi-square dengan p-value= 0,002< α (α= 0,05).

            Kesimpulan dari penelitian ini menyattakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan perawatan payudara dengan kelancaran pengeluaran ASI di Klinik Alisah Tahun 2021. Kepada petugas kesehatan di klinik Alisah diharapkan untuk lebih meningkatkan promosi kesehatanya tentang pentingnya perawatan payudara kepada ibu nifas dalam meningkatkan kelancaran ASI sehingga meningkatakan mutu pelayanan kesehatan serta kualitas pada tempat peneliti.

Downloads

Published

07-04-2022