FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU SEKS BEBAS PADA REMAJA DI DESA TELAGA SARI KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2022

Nama Lengkap Penulis : Yetti Atiyah, S.SiT.,M.K.M

Authors

  • Yetti Atiyah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sehat

Keywords:

Perilaku Seks Bebas, Remaja

Abstract

Seks bebas merupakan perilaku yang harus diperhatikan dikalangan para remaja. Saat ini, Para remaja menganggap bahwa perilaku seks bebas merupakan hal yang tidak tabu lagi dan remaja belum mengetahui bahwa budaya seks bebas sangat bertentangan  dengan nilai dan norma bangsa Indonesia.

            Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja yang berada di Desa Telaga Sari yang berjumlah 42 orang. Tehnik pengampilan sampel adalah total sampling.

            Hasil penelitian dari 42 responden didapatkan hasil bahwa Mayoritas remaja mempunyai pengetahuan baik tentang seks bebas yaitu sebanyak 32 responden (76,20%), Mayoritas remaja mempunyai sikap positif dalam dalam seks bebas yaitu sebanyak 29 responden (69 %). Terdapat hubungan pengetahuan dengan perilaku seks bebas pada remaja dengan p value 0,002 < α 0,05 dan Terdapat hubungan  sikap dengan perilaku seks bebas pada remaja dengan p value 0,001 < α 0,05

            Kesimpulannya bahwa faktor pengetahuan dan sikap berhubungan dengan perilaku seks pada remaja di Desa Telaga Sari Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun 2022. Diharapkan kepada remaja dapat meningkatkan pengetahuan tentang seks bebas agar remaja menjadi generai penerus bangsa yang berkualitas dan mempunyai masa depan yang baik.

Downloads

Published

18-08-2022