PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG GENTLE BIRTH DI KLINIK BIDAN Hj.MAYAR SAPARITA RITONGA AM.Keb DI Jl.SIRINGO-RINGO KECAMATAN RANTAU UTARA KABUPATEN LABUHANBATU

Nama Penulis : Vepy Sri Ramadani

Authors

  • Vepy Sri Ramadani intitut ika bina labuhan batu

Keywords:

Pengetahuan, ibu hamil, Gentle birth

Abstract

Gentle birth adalah sebuah filosopi dalam proses kelahiran dan persalinan yang begitu tenang, penuh kelembutan dan memanfaatkan semua unsur alami dalam tubuh seorang manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang gentle birth. Manfaat penelitian ini  untuk menambah informasi dan wawasan khususnya bagi para perempuan, ibu hamil dan pasangannya, mengenai pengaruh persiapan penerapan gentle  birth.

Penelitian ini bersifat deskriptif  yaitu menggambarkan pengetahuan ibu hamil tentang gentle birth, dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari responden dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 117 ibu hamil. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling sebanyak 29 responden.  Pengolahan data dilakukan melalui proses editing, coding, scoring dan tabulating.

Dari 29 responden tedapat mayoritas 5 responden (17,3%) diumur 22-25 tahun, dan terdapat minoritas 1 responden (3,4%) diumur 30-33 tahun. terdapat mayoritas 11 responden (38%) pada pendidikan SMA, dan terdapat minoritas 1 responden (3,4%)  pada pendidikan SMA dan 1 responden (3,4%) pada pendidikan Perguruan tinggi. terdapat mayoritas 11 responden (38%)  terdapat pada responden yang tidak bekerja, dan terdapat minoritas 2 responden (6,9%) tedapat pada responden yang bekerja. terdapat mayoritas 5 responden (17,3%) pada kehamilan ke-1 dan tedapat minoritas 1 responden (3,4%) pada kehamilan  >4.  terdapat mayoritas 13 responden (44,9%) yang mendapat sumber informasi. Dan terdapat minoritas 1 responden (3,4%)  yang tidak mendapat sumber informasi. 

                Berdasarkan pengetahuan ibu hamil dengan mayoritas  sebanyak 15 responden (51,7%) dan minoritas sebanyak 4 responden (13,8%). Berdasarkan umur, pengetahuan ibu hamil dengan mayoritas umur 22-25 tahun sebanyak 5 responden (17,3%) dan minoritas sebanyak 1 responden (3,4%) pada umur 30-33 tahun. Berdasarkan pendidikan, pengetahuan ibu hamil dengan mayoritas  pendidikan SMA sebanyak 11 responden (38%) dan minoritas 1 responden (3,4%) pada pendidikan SMA 1 responden (3,4%) pada pendidikan perguruan tinggi. Berdasarkan pekerjaan, pengetahuan ibu hamil dengan mayoritas pada responden yang tidak bekerja sebanyak 11 responden (38%) dan minoritas pada responden yang bekerja sebanyak 2 responden (6,9%). Berdasarkan Gravida, pengetahuan ibu hamil  mayoritas  5 responden (17,3%) pada kehamilan ke-1 dan tedapat minoritas 1 responden (3,4%)  pada kehamilan  >4.Berdasarkan Sumber Informasi, pengetahuan ibu hamil mayoritas 13 responden (44,9%)  yang mendapat sumber informasi. Dan terdapat minoritas 1 responden (3,4%) yang tidak mendapat sumber informasi. Saran Bagi klinik dan ibu hamil Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada para ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya mengenai pengaruh penerapan persiapan gentle birth dan diharapkan kepada para ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasannya tentang manfaat dan keuntungan gentle birth dalam masa kehamilan dan persalinan.

Downloads

Published

03-10-2022