GAMBARAN PENGETAHUAN IBU YANG MEMILIKI BAYI TENTANG IMUNISASI DASAR LENGKAP DI PUSKESMAS PERLAYUAN

Nama Penulis : Tri kharisma

Authors

  • Tri kharisma intitut ika bina labuhan batu

Keywords:

pengetahuan, imunisasi

Abstract

Imunisasi adalah pemberian kekebalan tubuh dengan memasukkan vaksin yakni virus atau bakteri yang sudah dilemahkan, dibunuh, atau bagian-bagian dari bakteri (virus) tersebut telah dimodifikasi ke dalam tubuh agar tubuh membuat zat antibodi untuk mencegah terhadap penyakit tertentu. Imunisasi terhadap suatu penyakit hanya akan memberikan kekebalan atau resistensi pada penyakit tertentu saja sehingga untuk terhindar dari penyakit lain diperlukan imunisasi lainnya.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian bersifat Deskriptif yaitu bersifat menggambarkan Pengetahuan ibu yang memiliki bayi  tentang Imunisasi Dasar Lengkap di Puskesmas Perlayuan Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2022.

Berdasarka penelitian, pengetahuan responden tentang Imunisasi dasar  Berdasarkan Umur, dapat dilihat bahwa hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden berpengetahuan cukup pada umur 20-25 tahun sebanyak 6 responden (19,3%). Berdasarkan Pendidikan, dapat dilihat bahwa hasil penelitian menunjukkan mayoritas berpengetahuan cukup pada pendidikan SMA sebanyak 10 responden (32,2%). Berdasarkan pekerjaan, dapat dilihat bahwa hasil penelitian menunjukkan mayoritas berpengetahuan cukup pada yang tidak bekerja sebanyak 13 responden (41,9%). Berdasarkan sumber informasi, dapat dilihat bahwa hasil penelitian menunjukkan mayoritas berpengetahuan cukup pada responden yang mendapat informasi sebanyak 14 responden (45,1%).

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan variabel Umur, Pendidikan, Pekerjaan, dan Sumber Informasi dapat disimpulkan bahwa pengetahuan ibu yang memiliki bayi tentang imunisasi dasar lengkap, berkategori Cukup. Saran bagi responden di harapkan dapat menerapkan informasi dan pengetahuan tentang Imunisasi Dasar lengkap

Downloads

Published

04-10-2022