HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAPIBU DENGAN KETEPATANPEMBERIAN MAKANANPADA BAYI UMUR 0-12 BULAN DI WILAYAH KERJAPUSKESMASSIGOMPUL KECAMATANLINTONGNIHUTA KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN

Nama Lengkap Penulis : Eni Monaliska Sihombing,STr.Keb,M.Kes

Authors

  • Eni Monaliska Sihombing Sekolah Tinggi Kesehatan Sehati

Keywords:

Pengetahuan ibu, sikap ibu, Pemberian Makanan Pada Bayi umur 0-12 bulan

Abstract

Pemberian makanan pada bayi saat ini kebanyakan diberikan pada saat usia dini. Selain adanya faktor pengetahuan ibu yang rendah, hal ini disebabkan karena adanya kepercayaan masyarakat tentang semakin dini diberikan makanan pada bayi akan mempercepat pertumbuhan dan perkembangan bayi tanpa menyadari resiko yang akan terjadi pada bayi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dengan ketepatan pemberian makananpadabayiumur 0-12 bulan. Penelitian ini dilakukan di di wilayah kerja Puskesmas Sigompul Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten HumbangHasundutan pada bulan Januari- Juni 2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif observasional dengan studi Cross sectional. Populasi penelitian adalah ibu yang mempunyai bayi umur 0-12 bulan sebanyak 179 orang dan jumlah sampel 79 orang dengan tehnik pengambilan porpusive sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Pengolahan dan analisa data dilakukan secara univariat, bivariat serta multivariate.

Hasil penelitian didapatkan 51 ibu(64.6%)memiliki pengetahuan tidak baik, 47ibu (59.5%) memiliki sikap tidak baik. Berdasarkan analisa Chi square dengan derajat kemaknaan p <0,05 didapatkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu tentang Pemberian makanan dengan nilai p< 0.001 dan sikap ibu mengenai pemberian makanan dengan p<0.000. Berdasarkan hasil ujiregresi linier di dapat sikap ibu lebih berhubungan terhadap pemberian makanan pada bayi umur 0-12 bulan yaitu dengan PR 7.483 kali dibandingkan dengan pengetahuan ibu dalam ketepatan pemberian makanan pada bayi umur 0-12 bulan.

Diharapkan peranan tenaga kesehatan baik di Puskesmas dan Posyandu di dalam memberikan promosi dan penyuluhan mengenai pemberian makanan kepada bayi umur 0-12 bulan agar nantinya perilaku ibu menjadi lebih baik sehingga tumbuh kembang dan status gizi anak tetap dalam keadaan baik.

Downloads

Published

04-04-2020