TINGKAT PENGETAHUAN IBU NIFAS BERDASARKAN KARAKTERISTIK TENTANG PERAWATAN TALI PUSAT PADA BBL DI KLINIK ALISAH MEDAN TAHUN 2021

Nama Penulis : Yusraini

Authors

  • Yusraini Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sehati

Keywords:

Pengetahuan, perawatan tali pusat

Abstract

Menurut WHO Perawatan tali pusat adalah tali pusat yang dirawat dalam keadaan yang steril, bersih dan terhindar dari infeksi tali pusat. Perawatan tali pusat yang baik dan benar akan menimbulkan dampak yang positif yaitu tali pusat akan putus pada hari ke 5 dan hari ke 7 tanpa ada komplikasi.

            Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan data primer. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu nifas berdasarkan karakteristik tentang perawatan tali pusat pada bayi baru lahir di klinik Alisah medan tahun 2021sebanyak 30 responden dengan menggunakan Total Sampling.

Dari responden didapat hasil bahwa pengetahuan ibu tentang Perawatan tali berdasarkan umur, mayoritas berumur 20-30 tahun sebanyak 15 orang (50%) dan minoritas pada umur >35 tahun sebanyak 5 orang (16,6%). Berdasarkan pendidikan, mayoritas SD sebanyak 13 orang (43,3%), minoritas perguruan tinggi sebanyak 2 orang (6,6%). Berdasarkan paritasmayoritas ibu dengan multipara sebanyak 13 orang (43,3). Dan minoritas ibu dengan grandemultipara sebanyak 2 orang (6,6%). Berdasarkan sumber informasi, mayoritas tenaga kesehatan sebanyak 14 orang (46,6%) dan minoritas media papan sebanyak 3 orang (10%).

Downloads

Published

06-06-2023