PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BAYAM MERAH TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN PADA MAHASISWA JURUSAN KEBIDANAN UNIVERSITAS AUDI INDONESIA

Nama Penulis : Adriana Bangun, SST., MKM

Authors

  • Adriana Bangun Universitas Audi Indonesia

Keywords:

Ekstrak Bayam Merah, kadar hemoglobin

Abstract

Abstrak

Kadar hemoglobin pada mahasiswa Jurusan Kebidanan Universitas Audi Indonesia masih tergolong rendah dan ada yang mengalami anemia sedang. Untuk meningkatkan kadar hemoglobin mahasiswa Jurusan Kebidanan Universitas Audi Indonesia dilakukan pemberian ekstrak bayam merah. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh pemberian  ekstrak bayam merah terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada mahasiswa kebidanan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experiment dan Pre dan Post Test Group Design untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak bayam merah terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada mahasiswa Jurusan Kebidanan Universitas Audi Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Remaja Putri Tingkat 1 Jurusan D3 Kebidanan sebanyak 106 orang yang berada di asrama dan sampel 84 orang. Analisis dengan uji statistik uji t independent dengan tingkat kepercayaan 95%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kadar hemoglobin sebelum pemberian ekstrak bayam merah adalah 11,955 g/dL (minimum = 8,7 g/dL dan maximum = 13,7 g/dL), rata-rata kadar hemoglobin sesudah pemberian ekstrak bayam merah adalah 12,404 g/dL (minimum = 8,1 g/dL dan maximum = 16,0 g/dL), perbedaan kadar hemoglobin sebelum dan sesuah pemberian ekstrak bayam merah mengalami kenaikan kadar hemoglobin sebanyak 58 orang (69,1%) dan terdapat pengaruh pemberian ekstrak bayam merah terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada mahasiswa Jurusan Kebidanan Universitas Audi Indonesia.

Disarankan kepada mahasiswa Jurusan Kebidanan Universitas Audi Indonesia hendaknya rutin ekstrak bayam merah karena dapat kadar hemoglobin dan sebaiknya untuk memperhatikan dan meningkatkan asupan gizi secara teratur karena masih terdapat yang mengalami anemia sedang serta kepada Universitas Audi Indonesia khusunya pengelola asrama hendaknya memperhatikan menu makanan yang diberikan kepada mahasiswa Jurusan Kebidanan agar mahasiswa tidak ada yang mengalami anemia.

Downloads

Published

03-04-2022